VARIAN KULINER PALEMBANG (2)

- Pempek Pistel /Pempek Kates :
Pempek varian ini isinya parutan pepaya muda yang dicampur dengan babarapa bumbu rempah lainnya, kadang2 juga dicampur dengan udang/ebi halus menjadikan varian pempek pistel ini sangat kaya rasa dan sangat gurih. Selain menggunakan bahan baku ikan, kadang2 pempek pistel juga dibuat adonan cukup dengan adonan sagu saja, karena isi dari pempek piste itu sendiri sudah sangat penuh.

- Pempek Tahu :
Sesuai dengan namanya pempek varian ini berisikan potongan tahu segar, biasanya selalu dihidangkan dalam keadaan digoreng. 
- Pempek Martabak :
Pempek Martabak bentuknya mirip sekali dengan martabak India namun dengan ukuran yang lebih kecil, isinya biasanya potongan kentang, wortel, daun sop, dll.

- Pempek Dos :
Dinamakan pempek Dos konon, karena pada saat digoreng varian pempek ini sering mengeluarkan suara letupan kecil "...dos....dos..." karena pempek dos bahan baku utamanya hanya sagu yang dicampur dengan adonan bahan lainnya.
Pempek dos biasanya dibikin untuk memenuhi selera untuk menikmati cemilan pempek biasanya pada saat sore hari, tapi dengan biaya yang ekonomis karena tidak menggunakan bahan baku ikan.

Tekwan
- Tekwan :
Tekwan sebetulnya sudah tidak termasuk dalam kategori pempek lagi, karena kuah yang digunakan pada saat dihidangkan bukan cuko, tapi kuah bumbu, mirip dengan penyajian bakso, bentuk dari tekwan kecil-kecil tapi tidak bulat seperti bakso, betuk pentol Tekwan cendrung tidak beraturan.

- Model 
Penyajian Model mirip dengan cara penyajian Tekwan, disajikan dengan kuah bumbu. Varian Model ini ada dua jenis, Model Ikan dan Model Gendum.
Sesuai dengan namanya Model Ikan bahan baku Utamanya menggunakan Sagu dan Ikan, bentuknya bulat besar seperti bakso super, dan biasanya diisi dengan potongan tahu rebus. pada saat disajikan model ikan di potong-potong terlebih dahulu dan disiram dengan kuah bumbu yang sangat enak.
Selain itu ada juga Model Gendum, bahan baku utama dari panganan ini adalah gandum sesuai dengan namanya. Bentuk Model Gendum hampir mirip dengan roti goreng berbentuk bulat dan warnanya sedikit berwarna kecoklatan. Disajikan dengan kuah Model yang hangat pastinya akan membuat orang ketagihan... yummy, dan dengan harga yang lebih terjangkau tentunya. 
- Pempek Lenggang
Lenggang Palembang sudah sering terdengar, namun mungkin sebagian dari anda belum pernah mencicipinya,
Lenggang inipun  terdiri dari 2 varian, Lenggang Panggang dan Lenggang Goreng.
Lenggang Panggang proses pemanggangannya sangat khas, karena menggunakan daun pisang sebagai wadah/cetakan. Pempek Lenjer yang dipotong dadu kemudian dicampur adonan telus serta ditambahkan beberapa bumbu rempah lain di masukkan di dalam cetakan daun pisang, lalau dipanggang diatas panggangan. Aroma Lenggang Panggang sangat khas wanginya dan pastinya akan menggugah selera orang menciumnya. Pada saat penyajian Lenggang Panggang mirip dengan penyajian Martabak India, dipotong-potong dan disiram dengan cuko pempek.... rasanya yummii bangett ... 
Selain itu ada juga Lenggang Goreng, adonannya sama dengan Lenggang Panggang namun proses memasaknya yang berbeda,. selintas proses pembuatan Lenggang Goreng mirip dengan memasak Telur Dadar, tapi ada tambahan potongan dadu dari pempek Lenjer ikan dan Lenggang Goreng di siram cuko pempek pada saat dihidangkan, ... anda pun pasti bisa membuatnya sendiri dirumah jika ingin menyajikan kuliner ini untuk keluarga tercinta.... yumm yumm.

- Pempek Panggang
Pempek Panggang ini bukan sekedar pempek yang di panggang, bentuknya agak berbeda dengan pempek pada umumnya, berbentuk bulat dan gepeng mirip burger dengan ukuran kecil, Pempek Panggang kemudian diiris bagian tengahnya dan diisi racikan udang halus, sambal dan kecap manis .... bisa anda bayangkan betapa uniknya sensasi yang ditimbulkan pada saat menggigit kuliner ini, ... rasa ikan dari pempek panggang akan berpadu dengan lumeran saus udang, sambal dan kecap manis ... pastinya akan selalu bikin ketagihan ... yummy ...
Selain itu ada juga yang menyajikan kuliner ini dengan cara dipotong-potong, dihidangkan di piring/mangkok lalu disiram dengan cuko pempek ,... tetepp yummy ....

- Otak-otak
Selain di palembang anda pasti sering juga menemui kuliner Otak-otak di beberapa daerah lain, pada dasarnya sama, otak-otak berbahan baku utama ikan dan di bungkus dengan daun pisang dan proses memasaknya di panggang.
Sama seperti pempek, kalau di Palembang Otak-otak biasanya di hidangkan dengan cuko, namun ada juga yang menghidangkan Otak0otak dengan sambal,... tapi, dua-duanya tetap enak lho...

Klik Halaman Selanjutnya VARIAN KULINER PALEMBANG (3)


Untuk menikmati lezatnya kuliner Palembang, silahkan hubungi CS PempekCandy.id via SMS/Telpon: 0821 7652 6262 (Layanan order 24Jam)


PILIHAN PAKET CARA ORDER ONGKOS KIRIM | TENTANG KAMI